Pradinata, Ultra (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan ModelThink-Pair-Share dengan Model Konvensional dalam Pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_ULTRA_PRADINATA_1281_2015.pdf [thumbnail of B1_3_ULTRA_PRADINATA_1281_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_ULTRA_PRADINATA_1281_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik (DPL)masih rendah dan masih terdapat siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu dengan nilai 80. Terlihat dari ketuntasan belajar siswa kelasX TITL yang tuntas hanya 47% dan tidak tuntas 53%. Sedangkan siswa kelas X TDTL yang tuntas hanya 41% dan tidak tuntas 59%. Hal ini dapat terjadi akibat siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu modelpembelajaran yang mampu melibatkan siswa untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar DPL meningkat. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat diterapkan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan memahami materi serta bertanggung jawab terhadap diri sendiri juga kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa terhadap penggunaan model Kooperatif Tipe TPS dengan model konvensional Pada Mata Pelajaran DPL pada siswa kelas X TIPTL di SMKN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan subjek penelitian kelas X TIPTL SMKN 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari kelas TIPTL A dan kelas TIPTL B. berdasarkan kedua kelas ini dipilih kelas TIPTL A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TIPTL B sebagai kelas kontrol. Analisis nilai rata-rata UlanganHariandigunakanuntuk melihat kemampuan awal siswa. Penentuan kelas secara acak dilakukan karena rata-rata hasil belajar siswa tidak berbeda secara signifikan. Hasil penelitian terlihat dari hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe TPS memliki rata-rata 84,7 dan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional memiliki rata-rata 76,97. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe TPS dengan model konvensional pada mata pelajaran DPL di kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Think-Pair-Share, Model Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:11 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8824 |