Netti, Betri (2013) Kontribusi Insentif dan Kepemimpinan Transpormasional terhadap Etos Kerja Guru SMP Negeri Kecamatan Puah Duo Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_BETRI_NETTI_19080_2370_2013.pdf [thumbnail of B1_1_BETRI_NETTI_19080_2370_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_BETRI_NETTI_19080_2370_2013.pdf
Download (376kB)
Abstract
Fenomena yang terjadi di lapangan menggambarkan masih rendahnya etos
kerja sebagian guru. Fenomena tersebut misalnya ialah bahwa sebagian guru tidak
memeriksa tugas yang dikerjakan siswa, hal ini ditandai oleh banyaknya tugas
siswa bertumpuk di ruang guru. Padahal tugas tersebut diberikan beberapa minggu
sebelumnya. Akibatnya sebagian tugas siswa ada yang sudah berminggu-minggu
terletak di ruang guru. Sebagian guru kadang terlambat sampai di ruang kelas, hal
itu sudah menjadi pemandangan biasa. Tujuan penelitian ini adalah Kontribusi
Insentif terhadap etos kerja guru SMPN Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok
Selatan Kontribusi Kepemimpinan transformasional terhadap etos kerja guru
SMPN Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan Kontribusi insentif dan
kepemimpinan transformasional secara bersama sama terhadap etos kerja guru
SMPN Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif koralasional data dianalisis secara
deskriptif dan inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru
SMPN yang PNS di Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan yang
berjumlah 103 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik stratified
proportional random sampling sampel sebanyak 56 orang. Instrumen yang
digunakan berupa angket menggunakan skala likert yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Insentif berkontribusi terhadap
etos kerja Guru SMP Negeri Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan dengan besaran
kontribusi sebesar 15,5%, Kepemimpinan tranformasional berkotribusi terhadap
etos kerja guru SMP Negeri Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan dengan besaran
kontribusi sebesar 14,2%. Insentif dan kepemimpinan tranformasional secara
bersama-sama berkontribusi terhadap etos kerja sebesar 19,7%. Hal ini
menjelaskan bahwa untuk meningkatkan etos kerja yang baik dan ideal sebaiknya
dilakukan melalui peningkatan insentif kepada guru sehingga etos kerjanya
meningkat dan hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:44 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8819 |