Perbandingan Kompetensi Belajar Biologi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa dalam Strategi Genius Learning di Kelas XI IPA SMAN 2 Sijunjung

Syafitri, Ulfa (2014) Perbandingan Kompetensi Belajar Biologi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa dalam Strategi Genius Learning di Kelas XI IPA SMAN 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ULFA_SYAFITRI_15999_5135_2014.pdf] Text
B1_3_ULFA_SYAFITRI_15999_5135_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mempunyai gaya belajar yang berbeda yakni gaya belajar visual sebanayak 40,4%, auditorial 17,8% dan kinestetik 41,9%. Dalam proses pembelajaran guru jarang mempertimbangkan ragam gaya belajar pada siswa dan hanya memenuhi kebutuhan siswa dengan salah satu gaya belajar tertentu. Siswa yang mempunyai gaya belajar yang berbeda dengan gaya mengajar guru akan mengalami kesulitan dalam menyerap informasi. Ini menyebabkan rendahnya kompetensi belajar biologi siswa. Salah satu strategi yang memfasilitasi semua gaya belajar adalah strategi Genius Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan kompetensi belajar biologi berdasarkan gaya belajar siswa dalam strategi Genius Learning di kelas XI IPA SMAN 2 Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Sijunjung dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik saturation sampling, karena hanya terdiri dari dua kelas. Penulis hanya membandingkan kompetensi belajar biologi siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan visual karena memiliki persentase yang hampir sama banyak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes akhir untuk ranah kognitif, lembaran pengamatan aktivitas belajar siswa untuk ranah afektif, dan lembar observasi untuk ranah psikomotor. Data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis kedua kelas sampel pada ranah kognitif didapatkan t hitung (1,79) lebih besar dari t tabel (1,70), pada ranah afektif didapatkan t (1,87) lebih besar dari t tabel (1,70) dan pada ranah psikomotor didapatkan t (1,81) lebih besar dari t tabel (1,70). Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi belajar biologi berdasarkan gaya belajar siswa dalam strategi Genius Learning pada materi sistem saraf.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Belajar, Gaya Belajar Siswa, Genius Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:44
Last Modified: 29 Apr 2025 02:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item
View Item