Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Konsonan Bilabial Melalui Metode Stimulasi Visual Auditoris pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar 1 di SLB Wacana Asih Padang: Single Subject Research

Alwasi, Rika Jun (2012) Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Konsonan Bilabial Melalui Metode Stimulasi Visual Auditoris pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar 1 di SLB Wacana Asih Padang: Single Subject Research. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RIKA_JUNI_ALWASI_83056_1328_2012.pdf] Text
B1_2_RIKA_JUNI_ALWASI_83056_1328_2012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan
dilapangan yaitu seorang anak tunagrahita ringan X kelas Dasar 1 C yang
mengalami gangguan dalam pengucapan konsonan bilabial. Dari hasil identifikasi
dan asesment terlihat anak sangat sulit mengucapkan konsonan bilabial terutama
yang ada konsonan bilabial [p] di awal kata. Maka dari itu peneliti berupaya
membantu untuk meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan bilabial [p] di
awal kata melalui metode stimulasi visual auditoris. Penelitian ini bertujuan untuk
membuktikan bahwa dengan metode stimulasi visual auditoris dapat
meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan bilabial [p] di awal kata anak
tunagrahita X
Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu eksperimen dalam bentuk
single Subject Research (SSR) dengan disain A-B. Penilaian dalam penelitian ini
diukur dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan
anak dalam pengucapan konsonan bilabial [p] di awal kata meningkat dengan
menggunakan metode stimulasi visual auditoris. Pada kondisi baseline, anak tidak
bisa mengucapkan konsonan bilabial [p] di awal kata. Pada kondisi intervensi
setelah diberikan perlakuan dengan metode visual auditoris, kemampuan anak
meningkat dan dapat mengucapkan delapan kata yang mengandung konsonan
bialbial [p] di awal kata.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode stimulasi visual
auditoris efektif digunakan dalam meningkatkan pengucapan konsonan bilabial
[p] di awal kata pada anak tunagrahita ringan di SLB Wacana Asih Padang,
berkaitan dengan hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan kepada guru
untuk melatih pengucapan konsonan bilabial [p] di awal kata bagi anak dengan
menggunakan metode visual auditoris.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:41
Last Modified: 29 Apr 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item
View Item