Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalitas Guru Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada SMK Se-Kota Bangkinang

Harmaini, Harmaini (2010) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalitas Guru Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada SMK Se-Kota Bangkinang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HARMAINI_10757_3144_2012.pdf] Text
B1_1_HARMAINI_10757_3144_2012.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa
tentang profesionalitas guru mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
Bahasa Indonesia pada SMK se-Kota Bangkinang.
Ada tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) Persepsi
siswa tentang rofesionalitas guru mengajar di kelas mempunyai pengaruh positif
terhadap hasil belajar siswa, (2) motivasi belajar siswa akan berpengaruh positif
terhadap hasil belajar siswa, dan (3) persepsi siswa tentang profesionalitas guru
mengajar di kelas dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh
positif terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis jalur (part analysis).
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK se-Kota Bangkinang tahun
pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 1612 orang. Sampel penelitian sebanyak 84
orang yang ditentukan dengan rumus Cochran. Alat pengumpul data untuk
variabel bebas adalah angket model skala Likers yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya, sedangkan variabel terikat diperolah dari nilai hasil belajar siswa
pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Data diolah dengan
menggunakan teknik korelasi sederhana dan ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang
profesionalitas guru mengajar di kelas berpengaruh positif terhadap hasil belajar
Bahasa Indonesia pada SMK se-Kota Bangkinang, (2) motivasi belajar siswa akan
berpengaruh positif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada SMK se-Kota
Bangkinang, dan (3) persepsi siswa tentang profesionalitas guru mengajar di
kelas dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh positif
terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada SMK se-Kota Bangkinang. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa faktor Persepsi siswa tentang rofesionalitas
guru mengajar di kelas dan motivasi belajar sangat penting artinya dalam
meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada SMK se-Kota Bangkinang

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:41
Last Modified: 29 Apr 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8807

Actions (login required)

View Item
View Item