Hapipah, Hapipah (2014) Pengaruh Metode SAS Bermedia Power Point dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDN 006 Kotabaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HAPIPAH_1109846_1089_2014.pdf [thumbnail of B1_1_HAPIPAH_1109846_1089_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HAPIPAH_1109846_1089_2014.pdf
Download (933kB)
Abstract
Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai
bidang studi. Apabila anak pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki
kemampuan membaca, maka anak akan mengalami banyak kesulitan dalam
mempelajari berbagai bidang studi pada kelas berikutnya. Hal ini tentunya
memerlukan perhatian yang serius bagi para guru bahasa. Banyak metode yang
diterapkan untuk memberikan pelajaran membaca permulaan. Sejauh ini masih
sering menggunakan metode global dan mengeja saja. Metode pembelajaran
dengan kata ataupun kalimat ini umumnya digunakan untuk memberikan
pelajaran membaca permulaan pada siswa kelas rendah di sekolah dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Metode SAS
dan Pengetahuan Awal siswa terhadap hasil belajar Membaca Permulaan siswa
melalui tiga rumusan masalah: (1) Apakah hasil belajar membaca permulaan
siswa yang diajarkan menggunakan metode Struktur analitik Sintetik (SAS) lebih
tinggi daripada yang diajarkan menggunakan metode Global ?, (2) Apakah hasil
belajar membaca permulaan kelompok siswa yang memiliki pengetahuan awal
tinggi lebih tinggi daripada kelompok yang memiliki pengetahuan awal rendah?,
(3) Apakah terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan pengetahuan awal
dengan hasil belajar membaca permulaan siswa ?
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rendomized
block design. Penelitan dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri 006 Kotabaru
semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik
purposive random sampling dan data penelitian ini dikumpulkan melalui tes akhir.
Data dianalisis dengan uji t dan analisis varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar membaca
permulaan siswa kelas I SD Negeri 006 Kotabaru yang belajar melalui metode
SAS, lebih tinggi dari pada hasil belajar membaca permulaan siswa yang belajar
dengan metode Global, (2) Hasil belajar membaca permulaan siswa kelas I SD
Negeri 006 Kotabaru berpengetahuan awal tinggi, lebih tinggi dari pada hasil
belajar membaca permulaan siswa berpengetahuan awal rendah, (3) Tidak
terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan pengetahuan awal dengan hasil
belajar membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 006 Kotabaru. Dapat
diimplikasikan bahwa Metode SAS efektif untuk meningkatkan hasil belajar
Membaca Permulaan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:38 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8799 |