Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

Hanida.B, Hanida.B (2019) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HANIDA_B_17124024_4270_2019.pdf] Text
B1_1_HANIDA_B_17124024_4270_2019.pdf

Download (564kB)

Abstract

Guru berperan penting dalam mengembangkan bahan ajar yang efektif untuk
mendorong kemajuan siswa dalam belajar. Kenyataannya bahan ajar yang ada
belum mampu melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu,
solusinya adalah berupa pengembangan bahan ajar tematik terpadu dengan model
Discovery Learningyang valid, praktis, dan efektif.Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Model
pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu:
tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan
penyebaran (disseminate). Tahap disseminate dilakukan pada skala terbatas.
Rancangan yang telah didesain kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli dan 2 orang
praktisi yang terdiri dari validasi bahan ajar dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP). Kepraktisan dilihat melalui hasil analisis keterlaksaan RPP,
angket respon siswa dan guru. Keefektifan dilihat melalui hasil analisis observasi
aktivitas dan hasil belajar siswa.Hasil yang diperoleh, validasi RPP diperoleh ratarata
sebesar 3,68 dengan kategori sangat valid. Validasi bahan ajar diperoleh ratarata
3,66 dengan kategori sangat valid. Suatu bahan ajar dikatakan sangat valid
apabila memperoleh nilai rata-rata pada rentang nilai 3,50-4.00. Pada tahap
praktikalitas, diperoleh hasil bahwa bahan ajar sudah praktis untuk digunakan dan
terbukti saat penggunaan bahan ajar tematik terpadu dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 85%.
Hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar tematik terpadu yang dikembangkan
telah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar tematik
terpadu di kelas IV Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:38
Last Modified: 29 Apr 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8797

Actions (login required)

View Item
View Item