Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Pariaman Timur

Handriadi, Handriadi (2013) Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Pariaman Timur. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HANDRIADI_1103597_5118_2013.pdf] Text
B1_1_HANDRIADI_1103597_5118_2013.pdf

Download (488kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa Kinerja Guru di SD Negeri
Pariaman Timur Kota Pariaman belum optimal. Peneliti menduga Pelaksanaan Pengawasan
Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional di SD Negeri Pariaman Timur Kota Pariaman, oleh
karena itu perlu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru
terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Pariaman Timur. Hipotesis yang diuji dalam
penelitian ini adalah : 1). Pengawasan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Kinerja Guru. 2).
Kecerdasan Emosional Guru berkontribusi terhadap Kinerja Guru. 3). Pengawasan Kepala
Sekolah dan Kecerdasan Emosional guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kinerja
Guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri di kecamatan Pariaman
Timur Kota Pariaman. Jumlah Populasi 142 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 77 orang
yang dipilih menggunakan stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan
menggunakan angket model skala likert yang telah di uji kesahihan dan kehandalannya. Data
dianalisis dengak teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1).
Pengawasan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Kinerja Guru sebesar 34,4%. 2). Kecerdasan
Emosional berkontribusi terhadap Kinerja Guru sebesar 13,8%. 3). Pengawasan Kepala Sekolah
dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru sebesar 41,0%. Berdasarkan hasil analisis
deskriptif terlihat bahwa Pengawasan Kepala Sekolah berada pada kategori baik, Kinerja Guru
berada pada kategori cukup dan Kecerdasan Emosional Guru termasuk berkategori baik

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:36
Last Modified: 29 Apr 2025 02:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8792

Actions (login required)

View Item
View Item