Bulkan, Bulya (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Kerja Kelompok dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Negeri I Ukui Kabupaten Pelalawan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_BULYA_BULKAN_1109835_2601_2014.pdf [thumbnail of B1_1_BULYA_BULKAN_1109835_2601_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_BULYA_BULKAN_1109835_2601_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Perbedaan hasil belajar
ekonomi siswa belajar dengan menggunakan metode kerja kelompok daripada
siswa belajar dengan konvensional. Pengaruh penggunaan metode kerja kelompok
dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang mempunyai
motivasi tinggi. Pengaruh penggunaan metode kerja kelompok dan motivasi
belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang mempunyai motivasi rendah.
Interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan motivasi belajar dengan
hasil belajar ekonomi siswa.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain treatment
block. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Ukui Kabupaten Pelalawan
semester genap tahun 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik porposive
random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes akhir. Data dianalisis
dengan uji t dan analisis varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Siswa yang belajar menggunakan
metoda kerja kelompok memperoleh hasil belajar ekonomi yang lebih tinggi
daripada siswa yang belajar dengan konvensional. Hasil belajar ekonomi siswa
yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan pembelajaran metoda
kerja kelompok lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki
motivasi belajar tinggi diajar dengan konvensional. Hasil Belajar ekonomi siswa
yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan pembelajaran metoda
kerja kelompok lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki
motivasi belajar rendah diajar dengan konvensional. Tidak terdapat interaksi
antara metoda dan motivasi terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:35 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8791 |