Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas IX MTsN Durian Tarung Padang

Busra, N (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas IX MTsN Durian Tarung Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_BUSRA.N_1303909_2350_2016.pdf] Text
B1_1_BUSRA.N_1303909_2350_2016.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan pembelajaran
Fiqih siswa kelas IX MTsN Durian Tarung Padang. Hal ini terlihat pada hasil tes
ulangan harian yang diperoleh siswa, hasil observasi, dan wawancara dengan guru
Fiqih MTsN Durian Tarung Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penerapan model pembelajaran aktif tipe card sort terhadap
pembelajaran Fiqih siswa kelas IX MTsN Durian Tarung Padang dan untuk
mengetahui hasil belajar Fiqih siswa setelah diajar dengan model pembelajaran
aktif tipe card sort.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsN Durian Tarung
Padang, yang berjumlah 150 siswa dan terdiri dari empat kelas. Sampel diambil
secara acak. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX. 2 MTsN Durian Tarung
Padang sebagai kelas eksperimen dan IX.1 MTsN Durian Tarung Padang sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
angket motivasi belajar dan tes pembelajaran Fiqih. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini, yaitu uji-t dan anava.
Berdasarkan
temuan penelitian, diperoleh kesimpulan. Pertama,
pembelajaran Fiqih siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model
pembelajaran aktif tipe card sort lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional baik dilihat secara keseluruhan, maupun berdasarkan
motivasi belajar tinggi dan rendah. Kedua, tidak terdapat interaksi antara model
pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap pembelajaran Fiqih siswa. Hal ini
berarti model pembelajaran aktif tipe card sort berpengaruh baik terhadap
pembelajaran Fiqih siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:33
Last Modified: 29 Apr 2025 02:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8788

Actions (login required)

View Item
View Item