Peningkatan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Inkuiri Menggunakan LKS

Hamsah, Hamsah (2010) Peningkatan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Inkuiri Menggunakan LKS. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HAMSAH_92570_3143_2012.pdf] Text
B1_1_HAMSAH_92570_3143_2012.pdf

Download (220kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar ilmu kimia merupakan salah satu bentuk siswa kurang
aktif pada saat pembelajaran. Oleh karena itu salah satu bentuk aktivitas belajar adalah
kemampuan berpikir siswa yang diwujudkan dalam aktivitas bertanya dan menjawab
pertanyaan. Permasalahan pembelajaran yang ditemui pada SMA Cendana Pekanbaru
adalah rendahnya kemampuan berpikir dan hasil belajar. Penggunaan metode inkuiri
dalam pembelajaran ilmu kimia merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan
kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa. Alasan penggunaan metode inkuiri adalah
siswa dapat terlibat secara langsung dalam mengkonstruksi pengetahuanya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research)
yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah kegiatan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan. Penelitian dilaksanakan di
kelas X.2 SMA cendana Pekanbaru tahun pelajaran 2009/2010. Data penelitian
dikumpulkan melalui lembar observasi dan hasil tes belajar.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir dengan
kategori baik yaitu dari 61 % pada siklus I menjadi 95 % pada siklus II. Berdasarkan data
hasil tes belajar didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siklus I sebesar 69 dan pada siklus
II sebesar 73 dengan kriteria ketuntasan minimal 65. kesimpulan penelitian ini adalah
penggunaan metode inkuiri dengan bantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan
berpikir dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:32
Last Modified: 29 Apr 2025 02:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item
View Item