Hamidah, Hamidah (2015) Pengaruh Metode Inkuiri dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 028 Pengalihan Keritang Indragiri Hilir. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HAMIDA_1109845_690_2016.pdf [thumbnail of B1_1_HAMIDA_1109845_690_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HAMIDA_1109845_690_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Motivasi dan hasil belajar siswa merupakan cermin kualitas suatu
pembelajaran. Tanpa mendukung siswa dalam mengembangkan kemampuan
untuk menemukan sendiri suatu konsep-konsep, merumuskan masalah,
pemecahan masalah, berhipotesis dan menyimpulkan suatu masalah yang diteliti,
maka tujuan dari pembelajaran IPA yang diinginkan tidak akan tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran
inkuiri pada pembelajaran IPA melalui 3 rumusan masalah: (1) Apakah hasil
belajar siswa lebih tinggi dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri
daripada hasil belajar siswa yang belajar dengan metode pembelajaran
konvensional pada mata pelajaran IPA?; (2) Apakah terdapat interaksi antara
metode inkuiri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA?; (3) Apakah hasil
belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, belajar dengan menggunakan
metode pembelajaran inkuiri memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada
hasil belajar siswa yang belajar dengan metode pembelajaran konvensional pada
mata pelajaran IPA? ; dan (4) Apakah hasil belajar siswa yang memiliki motivasi
belajar rendah, belajar dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri
memperoleh hasil yang lebih tinggi, daripada hasil belajar siswa yang belajar
dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran
IPA?
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rendomized
block design. Penelitan dilakukan pada siswa kelas V SDN 028 Pengalihan
Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir pada semester II Tahun Pelajaran
2013/ 2014. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data penelitian ini
dikumpulkan melalui tes akhir. Data dianalisis dengan uji t dan analisis varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPA siswa kelas V SD
Negeri 028 Pengalihan Keritang yang belajar melalui metode Inkuiri, lebih tinggi
dari pada hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan metode konvensional; (2)
Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dengan
hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 028 Pengalihan Keritang; (3) Hasil
belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 028 Pengalihan Keritang bermotivasi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:07 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8785 |