Hamdi, Hamdi (2013) Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru oleh Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pembelajaran Pada MTsN Gadut Kecamatan Lareh Sago Halaban. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HAMDI_19024_1582_2013.pdf [thumbnail of B1_1_HAMDI_19024_1582_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HAMDI_19024_1582_2013.pdf
Download (847kB)
Abstract
Supervisi Akademik Kepala Sekolah dapat mewujudkan keprofesionalan
guru dan mutu pendidikan. Pembinaan Pedagogik guru oleh Kepala Sekolah
sebagai supervisor pada MTs Negeri Gadut kecamatan Lareh Sago Halaban
masih diragukan keoptimalannya. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan supervisi akademik Kepala sekolah
pada MTs Negeri Gadut Kecamatan Lareh Sago Halaban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang diawali dengan
grand tour kesekolah. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik
purposive sampling. Data dihimpun dari kata-kata, tindakan, dokumen dan
peristiwa yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen serta
pengolahan data dengan cara triangulasi. Dari kegiatan tersebut diperoleh
indikator belum optimalnya para guru dan kepala sekolah dalam menjalankan
tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga kependidikan di daerah penelitian.
Temuan-temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa fungsi
Kepala sekolah sebagai supervisor pembelajaran belum optimal sesuai tugas
pokok yang diemban, terutama dalam pelaksanaan supervisi akademik Kepala
sekolah pada MTsN Gadut Kecamatan lareh Sago Halaban.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian adalah bahwa Supervisi
Akademik Kepala sekolah sebagai supervisor pembelajaran belum terlaksana
secara baik, sehingga tujuan supervisi Akademik Kepala sekolah belumlah sesuai
harapan yaitu meningkatkan mutu pendidikan dan kinerja Guru MTsN Kecamatan
Lareh Sago Halaban. Hal tersebut disebabkan kendala-kendala yang diakibatkan
oleh faktor eksternal dan internal, sehingga pelaksanaan supervisi Akademik
Kepala sekolah pada MTs Negeri Gadut kecamatan Lareh Sago Halaban belum
bisa dioptimalkan. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan kreatifitas dan program
yang terarah untuk peningkatan kemampuan profesional kepala sekolah sebagai
supervisor pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 01:57 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8778 |