Pengembangan Model Sistem Informasi Layanan Bimbingan Akademik Berbasis Customer Relationship Management (CRM) di Perguruan Tinggi

Prima, Wahyu (2019) Pengembangan Model Sistem Informasi Layanan Bimbingan Akademik Berbasis Customer Relationship Management (CRM) di Perguruan Tinggi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_WAHYU_PRIMA _1309293_3072_2020.pdf] Text
B1_08_WAHYU_PRIMA _1309293_3072_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan tentang penerapan sistem
informasi layanan bimbingan akademik di Perguruan tinggi ditemui permasalahan
bahwa belum terlaksanakan layanan bimbingan akademik secara optimal,
sehingga kebutuhan mahasiswa sebagai pelanggan utama belum terpenuhi secara
maksimal. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah model sistem informasi layanan
bimbingan akademik yang dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan
mahasiswa sebagai pelanggan utama. Salah satunya adalah model sistem
informasi layanan bimbingan akademik berbasis Customer Relationship
Management (CRM). Tujuan penelitian adalah mengembangkan model sistem
informasi layanan bimbingan akademik berbasis CRM di perguruan tinggi yang
valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan
mahasiswa, kepercayaan mahasiswa, komitmen mahasiswa, dan loyalitas
mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model
pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu: Analyze, Design,
Develop, Implement, dan Evaluate. Untuk menjamin keabsahan produk, instrumen
divalidasi oleh pakar. Analisis data menggunakan uji Aiken’s V untuk validasi
poduk, analisis prekuensi untuk uji praktikalitas model dan buku panduan,
sedangkan uji efektifitas model menggunakan uji Wilcoxon. Subjek uji coba
penelitian ini adalah mahasiswa aktif dan dosen yang ada di lingkungan
Univesitas Dharmas Indonesia.
Hasil dari penelitan pengembangan model sistem informasi layanan
bimbingan akademik berbasis CRM menghasilkan empat sintak model, yaitu:
analisis portofolio, membangun ikatan, menentukan strategi layanan, dan
Evaluasi. Model sistem informasi layanan bimbingan akademik berbasis CRM
berada pada kriteria valid, sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan kualitas
pelayanan, kepuasan mahasiswa, kepercayaan mahasiswa, komitmen mahasiswa,
dan loyalitas mahasiswa.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Layanan Bimbingan Akademik, Customer
Relationship Management, Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Bimbingan Akademik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 28 Apr 2025 23:13
Last Modified: 28 Apr 2025 23:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8775

Actions (login required)

View Item
View Item