Pengembangan Model LATADITIE pada Mata Kuliah Pemangkasan Rambut

Efrianova, Vivi (2022) Pengembangan Model LATADITIE pada Mata Kuliah Pemangkasan Rambut. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_VIVI_EFRIANOVA_19193029_2328_2023.pdf] Text
B1_08_VIVI_EFRIANOVA_19193029_2328_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran pemangkasan
rambut yang cenderung masih bersifat teacher center oriented sehingga menjadi
monoton dan membosankan. Hal ini menyebabkan motivasi dan hasil belajar
mahasiswa menjadi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan model pembelajaran LATADITIE pada Mata Kuliah
Pemangkasan Rambut di Pendidikan Vokasi Program Studi D4 Pendidikan Tata
Rias dan Kecantikan yang valid, praktis, dan efektif.
Prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation and Evaluation). Produk yang dihasilkan
divalidasi melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh pakar. Uji
efektifitas diuji dengan membandingkan hasil belajar kelas eksperimen dan
kontrol menggunakan uji-t. Uji praktikalitas menggunakan instrument yang
diberikan kemahasiswa sebagai responden.
Penelitian ini menghasilkan model LATADITIE pada Mata Kuliah
Pemangkasan Rambut memiliki validitas, pratikalitas, dan efektivitas yang telah
teruji sehingga layak digunakan pada Mata Kuliah Pemangkasan Rambut.
Pengembangan model ini menghasilkan sembilan sintak model LATADITIE pada
Mata Kuliah Pemangkasan Rambut yaitu: 1) Learning Orientation, 2) Access
Material Bassed Multimedia, 3) Training Skill, 4) Assigment Project, 5) Discuss
to design project, 6) Implementation of the project, 7) Test of The Performent
Implementation, 8) Improve of Product, 9) Evaluation. Berdasarkan hasil temuan
dapat disimpulkan bahwa model LATADITIE yang valid dan efektif dapat
menjadi rekomendasi alternatif untuk mengoptimalkan pembelajaran secara tatap
muka dan online (Blended Learning) yang mampu meningkatkan unsur
kompetensi 4C, softskill, psikomotor dan hasil belajar mahasiswa.
Kata kunci: Model Flipped Project Based Learning, Pemangkasan Rambut,
Penelitian dan Pengembangan

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pemangkasan Rambut
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 28 Apr 2025 23:12
Last Modified: 28 Apr 2025 23:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8773

Actions (login required)

View Item
View Item