Anggraini, Villia (2023) Pengembangan Local Intructional Theory (LIT) Terintegrasi Mathematical Cognition (MC) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_VILIA_ANGGRAINI_18169027_4933_2023.pdf [thumbnail of B1_08_VILIA_ANGGRAINI_18169027_4933_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_VILIA_ANGGRAINI_18169027_4933_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa alur belajar bilangan termuat
dalam buku teks di sekolah belum mampu mengembangkan kemampuan
penalaran matematis siswa, serta belum menimbulkan sikap positif siswa terhadap
matematika. Oleh karena itu perlu didesain alur belajar dalam bentuk aktivitas
berdasarkan pengalaman siswa (experience-based-activities). Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan LIT terintegrasi MC berbasis RME yang
memenuhi kriteria valid dan praktis dan efektif bagi siswa Sekolah Dasar. Secara
operasional, desain LIT terwujud dalam buku guru dan buku siswa.
Untuk menghasilkan LIT terintegrasi MC berbasis RME tersebut,
digunakan design research yang mengkombinasikan model Ploom dan model
Gravemeijer &Cobb dengan tiga fase. Pada fase pertama dilakukan penelitian
pendahuluan (preliminary research/preparing for the experiment) yang teridiri
dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, analisis karakteristik
siswa dan literature review. Pada fase kedua dilakukan pengembangan
(development or prototyping phase/design experiment) dengan serangkaian
formative: self evaluation, validasi ahli, one to one evaluation, dan small group
evaluation. Selanjutnya fase ketiga dilakukan penelitian (assessment phase/
retrospective analysis) melalui field test dan melakukan refleksi terhadap LIT
kepada siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD N 05 Surau Gadang
Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi,
angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptif dan uji statistik.
Dari penelitian dihasilkan LIT terintegrasi MC berbasis RME yang
memenuhi kriteria sangat valid dengan karakteristik: aktivitas dalam LIT
memfasilitasi siswa untuk melakukan proses matematika vertikal dan horizontal,
interaktif, berpusat kepada siswa, dan merefleksikan art of knowledge dari RME.
Produk penelitian juga memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik LIT dapat
berjalan pada semua level siswa, membantu siswa dalam menemukan konsep,
mengembangkan kemampuan berfikir siswa, dan waktu yang disediakan cukup
untuk mencapai tujuan pembelajaran. LIT terintegrasi MC berbasis RME
memenuhi kriteria efektif dengan karakteristik berdampak positif terhadap
disposisi matematis dan kemampuan penalaran matematis siswa
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Local Intructional Theory Mathematical Cognition |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 23:11 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 23:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8771 |