Helmanda, Rilfi (2012) Pengembangan Handout Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Pada Materi Himpunan Untuk Siswa SMP Kelas VII Semester 2. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RIFLI HELMANDA_86124.pdf [thumbnail of B1_2_RIFLI HELMANDA_86124.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RIFLI HELMANDA_86124.pdf
Download (4MB)
Abstract
Ide penelitian ini berawal dari belum efektifnya kegiatan pembelajaran di SMPN 2 Lembah Melintang. Pendekatan pembelajaran yang belum tepat, dan sumber belajar yang terbatas menyebabkan pembelajaran matematika di kelas VII menjadi belum optimal. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan merancang bahan ajar berupa handout, berbasis pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa berkembang secara optimal, salah satunya yaitu pendekatan realistik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan handout berbasis pendekatan realistik dengan karakteristik valid, praktis dan efektif pada materi Himpunan.
Jenis penelitian ini adalah Developmental Research (Penelitian Pengembangan) dengan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan). Namun, pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan). Untuk tahap disseminate tidak dilakukan karena memerlukan waktu yang lama dan jumlah sampel yang banyak. Pada tahap define (pendefenisian) dilakukan analisis kurikulum, analisis konsep, analisis siswa dan analisis kondisi. Pada tahap design (perancangan) dilaksanakan penyusunan dan pemilihan format handout. Pada tahap develop (pengembangan), handout divalidasi oleh praktisi pembelajaran matematika, kemudian handout yang valid diujicobakan di kelas VII/3 SMPN 2 Lembah Melintang tahun ajaran 2011/2012. Praktikalitas handout dilihat berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan handout dan wawancara terhadap siswa dan guru. Efektifitas handout dilihat berdasarkan aktivitas siswa, hasil belajar dan wawancara terhadap siswa dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan pada materi Himpunan memiliki karakteristik sangat valid, praktis dan efektif. Handout berbasis pendekatan realistik dikategorikan sangat valid dari segi isi, konstruksi, teknis, penggunaan bahasa dan media. Praktikalitas handout dilihat dari segi kemudahan penggunaan, keterbacaan, keterlaksanaan dan waktu penggunaan handout. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa tingkat aktivitas siswa dikategorikan berhasil, persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan handout berbasis pendekatan realistik mencapai 82,76% dan hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa dan guru memberikan respon baik/positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan handout berbasis pendekatan realistik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 09:16 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8759 |