Perbedaan Motivasi dan Keterampilan Belajar Peserta Didik Berprestasi Tinggi dan Rendah serta Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling

Edli, Haffizah (2015) Perbedaan Motivasi dan Keterampilan Belajar Peserta Didik Berprestasi Tinggi dan Rendah serta Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HAFFIZAH_EDLI_1208846_1030_2015.pdf] Text
B1_1_HAFFIZAH_EDLI_1208846_1030_2015.pdf

Download (534kB)

Abstract

Motivasi dan keterampilan belajar merupakan hal penting yang harus
dimiliki oleh peserta didik untuk dapat berhasil dalam belajar, namun jika dilihat
di lapangan masih terdapat peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang
rendah dan belum memiliki keterampilan belajar yang baik. Pada umumnya
peserta didik berprestasi tinggi lebih memiliki motivasi belajar dan keterampilan
belajar yang tinggi ketimbang peserta didik berprestasi rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar dan keterampilan belajar
peserta didik berprestasi tinggi dan rendah, (2) menganalisis perbedaan motivasi
belajar dan keterampilan belajar peserta didik berprestasi tinggi dan rendah.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif
komparatif. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas VII dan VIII MTsN
Salido Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2013-2014 dengan populasi
sebanyak 258 orang peserta didik, dan jumlah sampel penelitian sebanyak 158
orang peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu Proportional
random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan data dianalisis
menggunakan teknik statistik deskriptif dan t-test dengan menggunakan SPSS
16.00.
Hasil analisis data mengungkapkan bahwa: (1) motivasi belajar peserta
didik berprestasi tinggi berada pada kategori tinggi, (2) motivasi belajar peserta
didik berprestasi rendah berada pada kategori sedang, (3) keterampilan belajar
peserta didik berprestasi tinggi berada pada kategori baik, (4) keterampilan belajar
peserta didik berprestasi rendah berada pada kategori cukup, (5) terdapat
perbedaan motivasi belajar peserta didik berprestasi tinggi dan rendah, (6)
terdapat perbedaan keterampilan belajar peserta didik berprestasi tinggi dan
rendah. Implikasi hasil penelitian ini terhadap layanan BK yaitu untuk
meningkatkan motivasi dan keterampilan belajar, khususnya peserta didik yang
berprestasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BELAJAR, BERPRESTASI TINGGI, BERPRESTASI RENDAH
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:38
Last Modified: 28 Apr 2025 08:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8744

Actions (login required)

View Item
View Item