Konsistensi RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah di SMA N 9 Padang

Gusmawati, Gusmawati (2013) Konsistensi RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah di SMA N 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_GUSMAWATI_89239_3031_2013.pdf] Text
B1_2_GUSMAWATI_89239_3031_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak konsistennya guru dalam melaksanakan pembelajaran dan apa yang diajarkan pada siswa dengan RPP yang mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini untuk melihat kekonsistenan guru dalam pelaksanaan pmbelajaran sejarah dengan RPP di SMA N 9 Padang. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan kekonsistenan RPP yang dibuat oleh guru sejarah dengan pelaksanaannya dalam kelas. Mendeskripsiskan langkah-langkah pembelajaran yang dibuat oleh guru mata pelajaran sejarah SMAN 9 Padang. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di kelas X1,X2 dan X8 di SMAN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Evaluatif yatu . Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara terhadap informan dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengn teknik kualitatif, melalui beberapa tahap yaitu: reduksi data, klsasifikasi data, verivikasi data, pengambilan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan Rancangan pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru, tidak konsisten dengan apa yang dilaksanakan dalam kelas, tidak konsistennya dilihat dari kegiatan Pembelajaran, yaitu pada kegiatan pendahuluan belum sesuai dengan perencanaan RPP, masih ada kegiatan yang tidak dilakukan di awal pembelajaran. Begitu juga dengan kegiatan inti yaitu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, guru sudah mencantumkan kegiatan tersebut dalam RPP tetapi pada pelaksanaannya tidak sesuai dengan RPP. Berdasarkan hasil Penelitian dapat disimpulkan, dalam proses pembelajaran Sejarah di SMA N 9 Padang guru tidak konsisten dengan RPP yang dibuat oleh guru tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:37
Last Modified: 28 Apr 2025 08:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item
View Item