Desnila, Titis (2015) Implementasi Nilai Sosial oleh Guru dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_TITIS_DESNILA_1101685_4650_2015.pdf [thumbnail of B1_2_TITIS_DESNILA_1101685_4650_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_TITIS_DESNILA_1101685_4650_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya pendidikan nilai d sekolah salah satu dengan implementasi nilai sosial dalam pembelajaran IPS. Implementasi nilai sosial ini dapat membantu siswa untuk tahu tentang nilai sosial dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran IPS hendaknya terdapat keseimbangan antara aspek koginitf, afektif dan psikomotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi nilai sosial oleh guru dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 2 (dua) orang guru IPS dan siswa-siswa SMP Negeri 2 Padang. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil temuan lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Padang, guru telah mengimplementasikan nilai sosial.Adapun nilai yang diimplementasikan adalah toleransi, tolong menolong, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama, dan peduli sesama. Implementasi nilai sosial dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan materi pembelajaran IPS dan dengan metode pembelajaran. Dari materi, guru menginformasikan nilai-nilai sosial, kemudian akan diterapkan dalam metode mengajar guru. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi nilai sosial dalam pembelajaran IPS menjadi hal yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam RPP yang dibuat, guru telah mencantumkan nilai-nilai sosial didalamnya. Implementasi nilai sosial oeh guru dalam pembelajaran IPS dilakukan dengan menginformasikan nilai sosial kepada siswa, mengamati perilaku siswa, menegur siswa yang berbuat salah dan menggunakan metode pembelajaran yang kooperatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Sosial, Pembelajaran IPS, Guru |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:36 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8724 |