Meningkatkan Keterampilan Ikat Celup Pada Baju Melalui Metode Pembelajaran Langsung Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas XI di SLB Negeri 1 Solok).

Arnas, Arnas (2022) Meningkatkan Keterampilan Ikat Celup Pada Baju Melalui Metode Pembelajaran Langsung Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas XI di SLB Negeri 1 Solok). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ARIFAH_ARNAS_16003119_767_2022.pdf] Text
B1_2_ARIFAH_ARNAS_16003119_767_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan latar belakang dari peserta didik kelas XII
dengan klasifikasi anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Solok. Pada saat
proses belajar keterampilan ikat celup pada baju guru menggunakan metode
demonstrasi dimana peserta didik terlihat bosan dengan hanya mendengar dan
memperhatikan guru yang menjelaskan serta memperagakan keterampilan ikat
celup. Pada pelaksanaan keterampilan ikat celup pada baju peserta didik yang
kurang memahami dalam langkah-langkah pengerjaan maka guru membantu
hingga pengerjaan selesai, sehingga peserta didik kurang memahami tentang
langkah pengerjaan keterampilan ikat celup. Maka untuk meningkatkan
keterampilan ikat celup pada baju bagi anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 1
Solok digunakan metode pembelajaran langsung dalam proses pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki proses belajar dengan metode
pembelajaran yang lebih beragam dan inovatif sehingga meningkatkan hasil
belajar peserta didik secara maksimal. Pelaksaan penelitian dilakukan dengan
bekerja sama dengan guru kelas XII di SLB Negeri 1 Solok. Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdapat 4 kali
pertemuan sehingga jumlah pelaksanaan penelitian 8 kali pertemuan. Subjek
penelitian adalah guru kelas sebagai pemeberi tindakan dan peserta didik kelas
XII dengan jumlah 4 orang peserta didik yang berinisial RN, IN, MY dan CI yang
mengalami kesulitan pada proses pembelajaran keterampilan ikat celup pada baju.
Hasil dari penelitian keterampilan ikat celup pada baju bagi anak
tunagrahita ringan melalui metode pembelajaran langsung terjadi peningkaan.
Pada kondisi awal mendapatkan skor RN 36%, IN 32%, MY 32% dan CI 24%.
Pada siklus I peserta didik mendapatkan skor RN 68%, IN 64%, MY 64%, CI
60%. Pada siklus II peserta didik mendapatkan skor yang meningkat yaitu RN
96%, IN 92%, MY 92%, CI 88%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Tunagrahita Ringan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:37
Last Modified: 28 Apr 2025 08:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item
View Item