Rahmi, Tysa Sufia (2012) Peranan Rencana Pelaksan aan Pembelajaran (RPP) dalam Pelaksanaan Pembelajaran PKN di SMPN 3 Sungai Pua. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_TYSA_SUFIA_RAHMI_05566_5151_2012.pdf [thumbnail of B1_3_TYSA_SUFIA_RAHMI_05566_5151_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_TYSA_SUFIA_RAHMI_05566_5151_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena di SMPN 3 Sungai Pua Guru PKN sudah mempunyai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), akan tetapi dalam melaksanakan pembelajaran di kelas guru seringkali tidak mempedomani Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dimilikinya, sehingga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) belumlah berfungsi sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini adalah Mengeksplorasi langkah-langkah yang ditempuh guru untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PKN di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam. Mendeskripsikan pelaksanaan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam pelaksanaan pembelajaran PKN di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam. Mengidentifikasi faktor -faktor apa saja yang mempengaruhi guru dalam menyusun dan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada pembelajaran PKN di SMPN 3 Sungai Pua. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan wawancara. Selanjutnya data dianalisis melalui kualitatif. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa guru PKN SMPN 3 Sungai Pua sudah mempunyai RPP, akan tetapi RPP tersebut tidak disusun sendiri melainkan dipinjam dari guru sekolah lain, dalam pelaksanaan RPP pada pembelajaran di kelas guru PKN SMPN 3 Sungai Pua belum mempedomani RPP yang ada, dan belum melaksanakkan pembelajaran sesuai dengan RPP yang dimilikinya. Faktor- faktor yang mempengaruhi guru PKN SMPN 3 Sungai Pua dalam melaksanakan RPP di kelas adalah RPP yang dimiliki guru PKN bukan buatan sendiri, tidak ada pengawasan terhadap guru, keterbatasan sarana dan prasarana, dinamika kelas yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RPP, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:36 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8715 |