Siswanti, Tuty (2013) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Diberi Tugas Peta Konsep Bergambar dengan Mind Map pada Pembelajaran Aktif Team Quiz di Kelas XI SMA Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_TUTY_SISWANTI_12630_3083_2013.pdf [thumbnail of B1_3_TUTY_SISWANTI_12630_3083_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_TUTY_SISWANTI_12630_3083_2013.pdf
Download (4MB)
Abstract
Banyak permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran biologi mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang belum maksimal. Salah satu strategi pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi belajar aktif team quiz. Team quiz merupakan strategi belajar aktif yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar, sikap belajar siswa, dan pencapaian hasil pembelajaran yang lebih optimal. Metode pembelajaran yang dipilih untuk mendukung penerapan strategi pembelajaran aktif team quiz yaitu pemberian tugas berupa ringkasan materi dalam bentuk peta konsep bergambar dan mind map. Untuk melihat perbedaan hasil belajar dan teknik mana yang lebih efektif antara peta konsep bergambar dengan mind map, maka penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar biologi siswa antara yang diberi tugas berupa peta konsep bergambar dengan mind map pada pembelajaran aktif team quiz di kelas XI SMA Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan rancangan the static group comparison yang dimodifikasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 13 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata kelas siswa mendekati sama dan diajar oleh guru yang sama (kelas XI IA 2 sebagai kelas eksperimen l dan XI IA 1 sebagai kelas eksperimen 2). Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar biologi siswa, dimana pada kedua kelas sampel terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa pada kedua kelas tersebut. Nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen 1 (79,44) lebih tinggi daripada eksperimen 2 (74,30). Hasil uji t didapatkan t hitung (2,056) lebih besar dari t tabel (1,67), yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang berarti antara pemberian tugas peta konsep bergambar dengan mind map pada pembelajaran aktif team quiz di kelas XI SMA Negeri 13 Padang. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diberi tugas peta konsep bergambar lebih baik daripada mind map pada pembelajaran aktif team quiz.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran, Team Quiz |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:36 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8712 |