Hubungan Pemahaman Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013

Respati, Tuti (2013) Hubungan Pemahaman Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TUTI_RESPATI_12644_5548_2013.pdf] Text
B1_3_TUTI_RESPATI_12644_5548_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Melalui pendidikan manusia memperoleh pengetahuan, nilai, sikap, serta keterampilan. Pendidikan dapat diperoleh melalui interaksi dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran sains, khususnya biologi diperlukan beberapa keterampilan yang perlu dipahami oleh siswa untuk memperoleh dan mengembangkan konsepkonsep secara menyeluruh. Berdasarkan observasi awal terhadap siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang, diketahui bahwa pemahaman keterampilan proses sains masih belum optimal. Sebagian besar siswa tidak mengetahui bagaimana cara mengembangkan perolehan konsep. Hal ini diduga berkaitan dengan hasil belajar biologi siswa yang sebagian masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman keterampilan proses sains dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (korelasional). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Padang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 198 orang. Sampel diambil sebanyak 25% dari jumlah seluruh populasi dan dilakukan dengan proportional random sampling. Data mengenai pemahaman keterampilan proses sains diperoleh melalui instrumen berupa soal berjumlah 45 butir. Data dianalisis dengan teknik korelasional product moment Pearson. Dari hasil perhitungan, diperoleh koefisien korelasional variabel X (pemahaman keterampilan proses sains) dan variabel Y (hasil belajar biologi) sebesar 0,62 dengan interpretasi nilai korelasional adalah sedang. Semakin tinggi tingkat pemahaman keterampilan proses sains, semakin meningkat hasil belajar biologi siswa. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 38,44%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara pemahaman keterampilan proses sains dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Keterampilan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:36
Last Modified: 28 Apr 2025 08:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8705

Actions (login required)

View Item
View Item