Pengaruh Penerapan Metode Presentation, Practice, Production Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 1 Gunung Talang

Wahyu, Try (2014) Pengaruh Penerapan Metode Presentation, Practice, Production Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TRY_WAHYU_17975_3923_2014.pdf] Text
B1_3_TRY_WAHYU_17975_3923_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa SMP memandang pembelajaran bahasa Inggris sebagai keterampilan bahasa yang lebih sulit dibanding dengan keterampilan berbahasa lainnya, siswa merasa sukar untuk mengungkapkan ide karena hanya memiliki kosa kata yang terbatas sehingga mempengaruhi penguasaan siswa terhadap bahasa Inggris dan hasil belajar bahasa Inggris. Penelitian bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapan metode presentation, practice, production terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy eksperimen.Subjek penelitian yaitusiswa kelas VII SMPN 1 Gunung Talang. Target utama dalam penelitian yakni kemampuan anak yang tergambar dalam hasil belajar bahasa Inggris setelah menggunakan metode PPP, penilaian yang digunakan adalah skoruntuk setiap jumlah jawaban yang benar pada format penilaian. Data dari penelitianini diambil dari data hasil belajarkelas siswa yang diberi perlakuan. Data yang diperoleh kemudian diolah berdasarkan aturan statistika yang berlaku sehingga hasil penelitian dapat tergambar dengan jelas. Dari hasil penelitian yang dilakukan, pada kelas eksperimen yang mempunyai jumlah siswa sebanyak 30 orang mendapatkan nilai rata-rata yakni 84,7 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebanyak 74. Kelas eksperimen berdistribusi normal dimana L hitung lebih kecil dari L tabel (L hitung = 0,0940 < L tabel = 0, 1610) untuk α 0,05 dengan uji homogenitas menunjukkan data sampel memiliki varians yang homogen. Pada uji hipotesis untuk mencari tingkat signifikansi nilai mendapatkan hasil bahwa hipotesis alternatif dapat diterima karena t hitung = 3,664 > t tabel = 2,420 dengan dk (n 1 -1) + (n 2 -1) untuk α 0,05. Dengan demikian dapat diartikan bahwa pembelajaran dengan metode presentation, practice, production dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Presentation, Practice, Production, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:35
Last Modified: 28 Apr 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8698

Actions (login required)

View Item
View Item