Pengaruh Poster pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 8 Padang

Putri, Reni Dwi (2014) Pengaruh Poster pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RENI_DWI_PUTRI_17464_5125_2014.pdf] Text
B1_3_RENI_DWI_PUTRI_17464_5125_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran yang efektif dapat dilihat dari tingginya kompetensi belajar siswa. Faktanya, Masalah utama dalam pembelajaran adalah masih rendahnya kompetensi belajar siswa. Rendahnya kompetensi belajar Biologi siswa disebabkan oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, pembelajaran yang monoton sebab kurangnya variasi model pembelajaran dan keterbatasan jenis dan jumlah media pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belajar Biologi siswa adalah dengan menggunakan poster pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh poster pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kompetensi belajar Biologi siswa kelas XI SMAN 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 8 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana populasi yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas yang rata-rata nilainya hampir mendekati sama. Kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk ranah kognitif. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t. Instrumen penilaian ranah afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi. i 2 Berdasarkan uji hipotesis pada ranah kognitif didapatkan bahwa hipotesis diterima karena t hitung = 2,13 > t = 1,67, uji hipotesis pada ranah afektif didapatkan bahwa hipotesis diterima karena t tabel hitung = 2.06 > t = 1,67 dan uji hipotesis pada ranah kognitif didapatkan bahwa hipotesis ditolak karena t tabel = 1,39 < t tabel = 1,67 Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan poster pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi kognitif dan afektif siswa, namun tidak signifikan terhadap kompetensi psikomotor siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Poster, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:35
Last Modified: 28 Apr 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8697

Actions (login required)

View Item
View Item