Rahmah, Annisa Fauzia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMAN 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_Annisa_Fauzia_Rahmah_15031063_2050_2019.pdf [thumbnail of B1_03_Annisa_Fauzia_Rahmah_15031063_2050_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_Annisa_Fauzia_Rahmah_15031063_2050_2019.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini didasari pada permasalahan yang terdapat dalam prosespembelajaran biologi yaitu masih rendahnya kompetensi belajar peserta didikdalam aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan yang diperoleh melaluihasil observasi. Permasalahan tersebut menjadi penghambat bagi guru dan pesertadidik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Maka dari itudibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahantersebut salah satunya model pembelajaran picture and picture. Model ini merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai mediautama dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran picture and picture terhadap kompetensibelajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIPASMAN 5 Bukittinggi.Jenis Penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancanganpenelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian seluruh kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran2018/2019 berjumlah 161 orang yang terdistribusi dalam lima kelas. Pengambilansampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pemilihankelas sampel berdasarkan karakteristik tertentu yang diperlukan dalam penelitian.Penentuan kelas ekperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara pengundiansehingga kelas yang terpilih adalah XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XIMIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal posttestuntuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis data penelitian diuji menggunakan uji-t.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kompetensi belajar pesertadidik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Secara berturut-turut perbandingan nilai peserta didik kelas eksperimen dengan kelaskontrol adalah 77,94>71,97 pada kompetensi pengetahuan, 77,13>70,27 pada kompetensi sikap, 78,72>69,83 pada kompetensi keterampilan. Hal inimenunjukkan bahwa hipotesis diterima pada kompetensi belajar peserta didikdalam seluruh aspek kompetensi dimana didapatkan thitung>ttabel. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi diSMAN 5 Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran picture and picture, Kompetensi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:35 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8694 |