Helda, Gris (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa dengan Menggunakan Teknik Pembelajaran Deskripsi, Interpretasi dan Evaluasi (DIE) di Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_GRIS_HELDA_1201704_5751_2016.pdf [thumbnail of B1_2_GRIS_HELDA_1201704_5751_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_GRIS_HELDA_1201704_5751_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berpikir kronologis siswa merupakan keterampilan dasar dalam berpikir historis. Berpikir historis adalah salah satu tujuan dalam pembelajaran sejarah di SMA. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Padang, diketahui bahwa kemampuan berpikir kronologis siswa masih rendah. Pembelajaran lebih berpusat pada guru dan siswa kurang aktif dan serius dalam mengikuti proses pembelajaran. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan teknik Deskripsi, Interpretasi, dan Evaluasi (DIE). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Padang dengan menggunakan teknik Deskripsi, Interpretasi, dan Evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan siklus yang terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pada tiap-tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Objek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Padang semester Januari-Juni 2016. Alat yang digunakan untuk penelitian ini adalah lembar observasi berbentuk tally yang memuat indikator kemampuan berpikir kronologis. Hasil penelitian diolah menggunakan rumus P=(F/N)X100%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kronologis siswa menggunakan teknik Deskripsi, Interpretasi, dan Evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran Deskripsi, Interpretasi, dan Evaluasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BERPIKIR KRONOLOGIS, TEKNIK PEMBELAJARAN, DESKRIPSI, INTERPRETASI, DAN EVALUASI |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:33 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8691 |