Pengembangan Media Pembelajaran Permaina Edukatif Word Find Berbasis Android dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Gustina, Gustina (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Permaina Edukatif Word Find Berbasis Android dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_GUSTINA_17124093_4014_2019.pdf] Text
B1_1_GUSTINA_17124093_4014_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran
permaina edukatif berbasis android masih jarang dijumpai, padahal diketahui
pembelajaran abd 21 model pembelajaran dan media pembelajaran tidak terbatas
dan dilakukan dengan bantuan tekhnologi informasi dan komunikasi. Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran permainan edukatif Word
Find berbasis android yang valid, praktis, efektif, dan menarik serta menyenagkan
dalam pembelajaran IPS
Jenis Penelitian adalah penelitian pengembangan (research and
development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D.
Penelitian ini dilakukan di SDN 54 Payakumbuh. Subjek penelitian adalah siswa
kelas VI SD. Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media
oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Data kepraktisan dikumpul melalui
lembar penilaian menggunakan angket respon guru, siswa dan orang tua siswa.
Keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis
berdasarkan hasil penelitian.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah permainan edukatif Word
Find berbasis android, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil uji
validitas media pembelajaran oleh dosen ahli media dengan persentase 93% (SB).
Validitas oleh Ahli materi diperoleh persentase 95 % kategori (SB). Dan terakhir
validitas ahli bahasa diperoleh data persentase 89 % kategori sangat baik. Hasil uji
praktikalitas media, yaitu penilaian guru, siswa, dan orang tua secara keseluruhan
sudah baik dan sangat baik. Penilaian uji praktikalitas media oleh guru
memperoleh persentase skor 82,69% (SB). Penilaian oleh 25 siswa memperoleh
persentase skor 92,83% (SB), dan penilaian oleh orang tua siswa memperoleh
persentase skor 71,21 % (B). Dan uji efektifitas media pembelajaran menunjukkan
hasil belajar siswa kelas VI SDN 54 Payakumbuh mengalami peningkatan dengan
persentase ketuntasan sebesar 84%
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan media pembelajaran
permainan edukatif Word Find yang dikembangkan dapat dinyatakan valid,
praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:33
Last Modified: 28 Apr 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8690

Actions (login required)

View Item
View Item