Candra, Candra (2009) Kontribusi Motivasi Kerja dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kredibilitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_CANDRA_91274_6012_2012.pdf [thumbnail of B1_1_CANDRA_91274_6012_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_CANDRA_91274_6012_2012.pdf
Download (212kB)
Abstract
Kredibilitas yang tinggi dari kepala sekolah sangat diperlukan dalam rangka
mewujudkan tujuan pendidikan di sekolah. Berdasarkan pengamatan awal pada
semua SD Negeri di Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman terkesan kredibilitas
kepeminpinan kepala sekolah belum memuaskan dan cenderung menurun. Kondisi
ini dikhawatirkan berdampak kurang baik terhadap kinerja kepala sekolah dan
pencapaian mutu pendidikan di masa akan datang. Belum baiknya kredibilitas
kepemimpinan kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Rao diduga dipengaruhi
oleh berbagai faktor antara lain motivasi kerja dan komunikasi interpersonal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi motivasi kerja dan
komunikasi interpersonal terhadap kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah dasar
Negeri Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Tiga hipotesis yang diuji. 1) motivasi
kerja berkontribusi terhadap kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah, 2) komun
ikasi interpersonal berkontribusi terhadap kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah,
dan 3) motivasi kerja dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kredibilitas kepmimpinan kepala sekolah.
Populasi penelitian ini adalah semua kepala sekolah dasar Negeri Kecamatan
Rao Kabupaten Pasaman sebanyak 52 orang. Semuanya diambil sebagai subjek
penelitian ini. Data dikumpulkan melalui angket model skala Likert dan dianalisis
dengan terknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) motivasi kerja berkontribusi sebesar
17,6% terhadap kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah, 2) komunikasi
interpersonal berkontribusi sebesar 14,5% terhadapa kredibilitas kepemimpinan
kepala sekolah, 3) motivasi kerja dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama
berkontribusi sebesar 27,3% terhadap kredibilitas kepemimpinan kepala sekolah.
Kenyataan di atas menunjukkan bahwa kredibilitas kepemimpinan kepala
sekolah dasar di Kecanatan Rao Kabupaten Pasaman dapat ditingkatkan melalui
upaya peningkatan motivasi kerja dan komunikasi interoersonal yang harmonis.
Namun di samping itu tentu masih banyak faktor lain yang belum diteliti dalam
penelitian ini. Diharapkan dapat diungkap oleh peneliti selanjutnya.
Dapat disarankan seluruh kepala sekolah supaya selalu memperhatikan dan
memiliki motivasi kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya,
dan menjalin hubungan yang harmonis antar sesama warga sekolah melalui
komunikasi interpersonal yang baik agar kinerja masing-masing meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:33 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8689 |