Proses Pembelajaran Kitab-Kitab Islam Klasik Pada Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan

Ritonga, Tamin (2020) Proses Pembelajaran Kitab-Kitab Islam Klasik Pada Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_TAMIN_RITONGA_1204401_3720_2020.pdf] Text
B1_08_TAMIN_RITONGA_1204401_3720_2020.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pembelajaran kitab-kitab
Islam klasik di pesantren Darussalam Parmeraan bagaimana kegiatan pembelajaran KIK
yang dilaksanakan oleh guru, kegiatan mengikuti pembelajaran KIK yang dilaksanakan
oleh siswa, , kebijakan pimpinan untuk menunjang proses pembelajaran KIK, dan model
pembelajaran KIK di pesantren Darussalam Parmeraan. Metode penelitian digunakan
adalah kualitatif dengan informan penelitian adalah pimpinan pesantren Darussalam
Parmeraan, para guru/ ustadz dan ustadzah yang mengajarkan kitab-kitab Islam klasik dan
para santri. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Temuan penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran KIK oleh guru dengan
menggunakan metode bandongan yang hakikatnya adalah pendekatan humanistik yang
menganggap peserta didik sebagai a whole person atau orang sebagai suatu kesatuan, guru
juga menggunakan metode sorogan ini pada hakikatnya adalah teori pendidikan filsafat
progresivisme dimana progresivisme merupakan pendidikan yang berpusat pada siswa dan
memberi penekanan lebih besar pada kreativitas, aktivitas, belajar naturalistik, hasil belajar
dunia nyata dan juga pengalaman teman sebaya.
Kegiatan pembelajaran KIK oleh siswa menggunakan metode mudzakarah dimana
para santri mengupas kembali apa yang di pelajari dan dijelaskan oleh para guru pada
proses pembelajaran kitab-kitab Islam klasik, dimana para senior bertindak seolah-olah
menjadi guru bagi santri yunior. Para siswa juga menggunakan metode halaqah dengan
cara membaca kitab pada satu bab atau pasal pelajaran tertentu, sedangkan santri junior
menyimak dan memperhatikan bacaan-bacaan santri senior pada kitab yang sama sambil
mendengar penjelasannya.
Kebijakan pimpinan adalah sebelum mengikuti pembelajaran kitab-kitab Islam
klasik, terlebih dahulu santri diperkenalkan dengan keutamaan ilmu pengetahuan,
kemuliaan manusia berilmu, keutamaan orang yang menuntut ilmu, proses pewarisan ilmu
pengetahuan dan menceritakan sejarah-sejarah ulama dengan tujuan agar terjadi
penskaralan pembelajaran
Model Pembelajaran Pemberdayaan Santri Senior (PPS2) dituntut santri senior
dapat belajar secara mandiri dan mampu bekerjasama dengan teman sebaya untuk dapat
menjadi guru bagi santri junior. Tujuan dari model ini adalah terbangunnya rasa percaya
diri siswa atas kemampuan diri sendiri, semangat kerjasama untuk mencapai tujuan
pembelajaran, dan agar mampu mengekspresikan apa yang dipelajari untuk disampaikan
kepada santri junior

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Kitab Islam Klasik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:32
Last Modified: 28 Apr 2025 08:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8672

Actions (login required)

View Item
View Item