Arifryani, Tri Suci (2012) The Effect of Using Replacement Performance Role Plays on Students’ Speaking Skill at SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_TRI_SUCI_ARIFRYANI_72722_2176_2012.pdf [thumbnail of B1_3_TRI_SUCI_ARIFRYANI_72722_2176_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_TRI_SUCI_ARIFRYANI_72722_2176_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMAN 3 Padang lemah yang diperoleh berdasarkan pengamatan di lapangan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mencari teknik pengajaran berbicara bahasa Inggris yang lebih efektif. Untuk ini, dilakukan sebuah penelitian eksperimen, yaitu penggunaan Replacement Performance Role-Plays. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah siswa Sekolah Menengah Atas yang diajar dengan menggunakan Replacement Performance Role-Plays memiliki keterampilan berbicara yang lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan Common Role-Plays dalam kegiatan berbicara dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dimana populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Padang tahun ajaran 2011/2012. Sample diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling Technique. Selain itu, terdapat dua jenis kelas sebagai sample dari penelitian ini. Kelas pertama yang dijadikan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berbeda, kelas ini diajar dengan menggunakan teknik Replacement Performance Role-Plays. Kelas XI IPA 3 dengan jumlah 38 siswa merupakan kelas eksperimen. Sementara, kelas kedua yang menjadi kelas control mendapatkan perlakuan normal dengan diajar menggunakan teknik Common Role-Plays, adalah kelas XI IPA 4 dengan jumlah 36 siswa. Data berupa nilai tes berbicara (speaking) lisan dari kedua kelompok sample dianalisis secara statistik dengan menggunakan rumus t-test, dan ditemukan t i hitung > t pada taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa hipotesis alternative dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan Replacement Performance Role-Plays memiliki kemampuan berbicara yang lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan common role-plays.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Speaking Skill, Replacement Performance Role-Plays |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:32 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8670 |