Aprilian, Rendra (2014) Pengembangan Mobile Media Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RENDRA_APRILIAN_WIRANI_PUTRA_11676_3076_2014.pdf [thumbnail of B1_3_RENDRA_APRILIAN_WIRANI_PUTRA_11676_3076_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RENDRA_APRILIAN_WIRANI_PUTRA_11676_3076_2014.pdf
Download (7MB)
Abstract
Kepemilikan Android dikalangan siswa tidak dimanfaatkan secara optimal. Android hanya dimanfaatkan untuk chatting, gaming, dan social networking. Teknologi Pendidikan merupakan bidang studi yang berkompetensi untuk mengembangkan media pembelajaran. Tidak hanya terbatas pada program komputer, tetapi juga pada program-program yang terdapat pada hp dan sejenisnya. Pengembangan media smartphone perlu dilakukan agar penggunaannya lebih variatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produkmobilesebagai media belajar alternatif yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi pada mata pelajaran Kimia SMA. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Produk dikembangkan melalui 5 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pengembangan Produk Awal, 3) Validasi Produk, 4) Uji Coba, dan 5) Produk. Alat pengumpul data adalah angket. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Model penelitian pengembangan adalah model prosedural dengan subjek penelitian 3 orang responden, yang terdiri dari dua orang validator ahli media dan seorang validator ahli materi yakni 2 orang dosen UNP, dan 1 orang Guru SMA Negeri 2 Padang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang yang memiliki device Android. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk berada pada kategori SangatBaik memiliki jumlah rerata skor sebesar 4,1 (skor maksimum 5). Untuk aspek materi termasuk dalam kategori Baik jumlah rerata skor sebesar 4 (skor maksimum 5). Dan hasil analisis berdasarkan uji coba produk berada pada kategori Sangat Baikdengan rerata 4,2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk ini layak digunakan sebagai media belajar alternatif untuk siswa SMA kelas X pada mata pelajaran Kimia.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mobile media berbasis Android pada mata pelajaran Kimia layak untuk dikembangkan, sesuai dengan kriteria kelayakan media, serta layak digunakan pada mata pelajaran Kimia sebagai salah satu media belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Media, Android, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:32 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8668 |