Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Teknologi Short Message Service sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di UNP

Pernando, Refki (2015) Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Teknologi Short Message Service sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_REFKI_PERNANDO_11703_2740_2015.pdf] Text
B1_3_REFKI_PERNANDO_11703_2740_2015.pdf

Download (970kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan diketahui bahwa short message service telah digunakan dalam sebuah perkuliahan. Dalam pelaksanaannya penggunaan media ini menimbulkan respon yang beraneka ragam dari mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Teknologi Short Message Service Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di Universitas Negeri Padang. Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Bahasa Inggris pada seksi yang dosennya menggunakan SMS sebagai media pembelajaran sebanyak 189 orang mahasiswa Universitas Negeri Padang. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data adalah teknik persentase dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi mahasiswa terhadap isi pesan sudah baik, hanya saja dalam penulisan isi pesan masih ada sebagian mahasiswa yang meminta bantuan orang lain. (2)Persepsi terhadap peraturan yang diterapkan dalam penggunaan short message service sebagai media sudah jelas, namun masih ada sebagian mahasiswa merasa kurang setuju dengan sanksi yang diberlakukan jika tidak saling berkirim pesan berbahasa Inggris dan pemeriksaan yang dilakukan terhadap pesan berbahasa Inggris di ponsel mahasiswa. (3) Persepsi mahasiswa terhadap manfaat penggunaan short message service juga sudah baik, sebagian mahasiswa berpendapat penggunaan short message service ini sangat bermanfaat dalam pembelajaran bahasa Inggris walaupun sebagian lagi masih ada yang tidak merasakan manfaat ketika menggunakan short message service sebagai media dalam pembelajaran bahasa Inggris. Antara aspek-aspek yang dipersepsi menunjukan bahwa setiap aspek saling berkorelasi signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Teknologi, Short Message Service
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:29
Last Modified: 28 Apr 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8644

Actions (login required)

View Item
View Item