Wahyuni, Anisa (2018) The Second Year Senior High School Students’ Grammatical Difficulties in Presenting Spoken Exposition Text at MAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ANISA_WAHYUNI_1105967_1293_2018.pdf [thumbnail of B1_03_ANISA_WAHYUNI_1105967_1293_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ANISA_WAHYUNI_1105967_1293_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesulitan-kesulitan tata bahasa siswadalam menyampaikan teks eksposisi lisan, dibatasi pada penggunaan simple presenttense, modal, dan conjunction. Penelitian ini adalah penelitan deskriptif yangdilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2017 di MAN 2 Padang. Populasi penelitianadalah siswa kelas XI Program MIA, dengan total sample sebanyak 38 orang yangdipilih melalui stratified random sampling. Data penelitian adalah kalimat siswa yangmemiliki kesalahan gramatikal yang diambil dari transkrip speaking, yangdikumpulkan melalui tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adakesulitan-kesulitan tata bahasa dalam menggunakan simple present tense, modal, danconjunction. Kesulitan yang paling sering muncul dalam penggunaan kalimat verbaldengan simple present tense adalah subject-verb agreement (51%) dan penggunaanauxiliary verb (18%). Kesulitan yang paling sering muncul dalam penggunaankalimat nominal dengan simple present tense adalah tidak ada kata kerja (71%) dantidak ada subjek (13%). Kesulitan yang paling sering muncul dalam penggunaanmodal adalah saat menggunakan modal can (44%) dan will (23%). Kesulitan yangpaling sering muncul dalam penggunaan conjunction adalah saat menggunakanconjunction so (50%) dan and (44%).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Grammatical difficulty, Speaking, Exposition text |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:27 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8626 |