Vela, Anisa Vita (2016) Pengaruh Pemberian Kartu Tugas Sebelum Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM) terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ANISA_VITA_VELA_1205590_3246_2016.pdf [thumbnail of B1_03_ANISA_VITA_VELA_1205590_3246_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ANISA_VITA_VELA_1205590_3246_2016.pdf
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kartu tugas sebelum pembelajaran aktif tipe Index Card Match (ICM) terhadap kompetensibelajar biologi siswa mencakup kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor.Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di SMA Negeri 9 Padang yaitukurangnya persiapan siswa dalam menghadapi kegiatan pembelajaran, tugas yang diberikan kepada siswa tidak dikemas secara menarik, masih rendahnya aktivitasbelajar siswa, dan kompetensi biologi siswa belum mencapai batas kriteriaketuntasan minimal.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitianRandomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik purposive sampling dimana sampel diambilberdasarkan nilai rerata terdekat dan diajar oleh guru yang sama, kemudian terpilih kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelaskontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar,lembaran pengamatan afektif dan lembar pengamatan psikomotor. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t.Hasil uji hipotesis dari kelas sampel adalah (1) Uji hipotesis untukkompetensi afektif menunjukkan pengaruh berarti dengan thitung = 4,24 dan ttabel =1,68 (2) Uji hipotesis untuk kompetensi psikomotor menunjukkan pengaruh berarti dengan thitung = 1,823 dan ttabel = 1,68 (3) Uji hipotesis kompetensi kognitifmenunjukkan pengaruh tidak berarti dengan thitung = 0,82 dan ttabel = 1,68.Berdasarkan hasil penelitian ini, pemberian kartu tugas sebelum pembelajaranICM berpengaruh berarti terhadap kompetensi afektif dan psikomotor siswa dan tidak berpengaruh berarti terhadap kompetensi kognitif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Index card match (ICM) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:26 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8619 |