Shoraya, Raya (2013) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Problem Solving dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RAYA_SHORAYA_96856_5390_2013.pdf [thumbnail of B1_3_RAYA_SHORAYA_96856_5390_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RAYA_SHORAYA_96856_5390_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Proses pembelajaran hendaknya dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa ke arah yang lebih baik. Namun hal ini tampaknya belum terlaksana dengan baik di SMAN 1 Enam Lingkung. Diketahui bahwa strategi pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab. Salah satu strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Agar model pembelajaran ini berjalan dengan efektif, diperlukan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis problem solving dalam model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung, untuk menentukan kelas sampel digunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria-kriteria tertentu. Dari hasil penarikan sampel didapatkan kelas X.7 i sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Data yang diambil adalah data primer berupa data dari lembar observasi aktivitas siwa dan tes akhir dari kedua kelas sampel yang terpilih. Hasil analisis data diketahui persentase aktivitas kedua kelas sampel berbeda yaitu kelas eksperimen 83,10% dengan ketegori baik, sedangkan kelas kontrol 70,87% dengan kategori cukup baik. Hasil belajar biologi siswa pada kedua kelas sampel berbeda. Nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 81,25, sedangkan kelas kontrol 77,59. Hasil uji t diperoleh t hitung > t tabel (t hitung = 2,42 dan t tabel = 1,67), sehingga dapat disimpulkan penggunaan LKS berbasis problem solving dalam model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, Problem Solving, Think Pair Share (TPS), IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:26 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8618 |