Peranan PT.Pos Indonesia Kota Padang dalam Pelayanan Jasa Keuangan Pembayaran Online melalui Pospay

Siagian, Ravika Sari (2012) Peranan PT.Pos Indonesia Kota Padang dalam Pelayanan Jasa Keuangan Pembayaran Online melalui Pospay. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAVIKA_SARI_SIAGIAN_02077_2909_2012.pdf] Text
B1_3_RAVIKA_SARI_SIAGIAN_02077_2909_2012.pdf

Download (651kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan PT.Pos Indonesia Kota Padang dalam pelayanan jasa keuangan pembayaran online melalui Pospay serta berbagai kendala yang dihadapi dalam pembayaran online Pospay. Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya masyarakat yang belum memanfaatkan pembayaran online Pospay ini dengan maksimal. Masih ada masyarakat yang menggunakan pembayaran manual (konvensional) dikarenakan oleh berbagai faktor. Padahal sebenarnya tujuan utama dari pembayaran online adalah memudahkan proses transaksi dengan rentang waktu yang lebih cepat dari pembayaran manual (konvensional). Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan cara snowball sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan memperpanjang keterlibatan dilapangan. Kemudian teknik analisis data dengan langkah sebagai berikut pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan pembayaran online Pospay selama ini sudah berjalan cukup baik. Persepsi yang dikemukakan masyarakat tentang pembayaran online Pospay pun menunjukkan tanggapan yang positif, meskipun masih ditemukan persepsi yang negatif pada sebagian masyarakat. Kendala yang sering dihadapi dalam penerapan pembayaran online Pospay tersebut adalah dari segi sarana dan prasarana yang belum lengkap, sumber daya manusia yang masih minim, dan proses Pospay yang masih lambat dikarenakan terbatasnya kapasitas jaringan internet untuk mengolah jumlah pelanggan yang banyak. Sehingga semua itu menuntut pihak penyedia layanan Pospay untuk menyediakan kekurangan-kekurangan yang akan menghambat proses pembayaran online Pospay.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PT.Pos Indonesia, Pelayanan, Jasa, Pembayaran Online, Pospay
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:25
Last Modified: 28 Apr 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8615

Actions (login required)

View Item
View Item