Ferdiansa, Geandra (2021) Efektivitas Teknik Modeling Seting Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_GEANDRA_FERDIANSA_18151021_1288_2021.pdf [thumbnail of B1_1_GEANDRA_FERDIANSA_18151021_1288_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_GEANDRA_FERDIANSA_18151021_1288_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perilaku agresif adalah perilaku yang sengaja dilakukan untuk menyakiti
orang lain secara psikis dan fisik. Permasalahan ini terjadi karena pengaruh dari
lingkungan siswa dan tayangan kekerasan yang ada di televisi, sehingga
diperlukan upaya untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Perilaku agresif yang
terjadi adalah perilaku agresif fisik, perilaku agresif verbal, perilaku marah yang
berlebihan dan perilaku permusuhan yang berlebihan. Salah satu upaya yang
dilakukan untuk mengurangi perilaku agresif siswa adalah teknik modeling setting
kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik modeling
setting kelompok untuk mengurangi perilaku agresif.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
Quasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group.
Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 27 Kerinci dan sampel dipilih
menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan
model SkalaLikert, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks
Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Samples dengan bantuan SPSS
versi 20.
Temuan penelitian ini yakni: (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku
agresif kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti teknik
modelingsetting kelompok, (2) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku agresif
kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan informasi tentang perilaku
agresif, (3) terdapat perbedaan perilaku agresif siswa kelompok eksperimen yang
diberikan teknik modeling setting kelompok dengan kelompok kontrol yang
diberikan informasi tentang perilaku agresif, hal ini terlihat pada skor rata-rata
posttest kelompok eksperimen turun lebih tinggi dari pada skor rata-rata posttest
kelompok control
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:25 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8609 |