Wilis, Ratna (2013) Penanaman Nilai Moral Siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan (Studi di SMP N 28 Tampat Durian Kecamatan Kuranji Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RATNA_WILIS_89259_251_2014.pdf [thumbnail of B1_3_RATNA_WILIS_89259_251_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RATNA_WILIS_89259_251_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai moral siswa dalam pendidikan kewarganegaraan di SMP N 28 Tampat Durian Kecamatan Kuranji Padang, serta apa saja faktor-faktor yang mendukung penanaman nilai moral siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menentukan sendiri informan berdasarkan kriteria oleh peneliti secara sengaja yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi penelitian sesuai dengan tujuan penelitian. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara “ purposive sampling”, yang terdiri dari guru Pkn, wakil kesiswaan dan siswa yang mengikuti kegiatan penanaman nilai moral di SMP N 28 Tampat Durian Kecamatan Kuranji Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data teknik dipakai teknik triangulasi sumber, teknik analisa data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penanaman nilai moral siswa di dalam pembelajaran PPKn di SMP N 28 berupa pembiasaan dalam prilaku, yang dilakukan oleh Guru PPKn di SMP tersebut untuk penanaman nilai moral terhadap siswa yaitu berupa: 1). Pembiasaan dalam akhlak, 2). Pembiasaan dalam ibadah,3). Pembiasaan dalm keimanan. Untuk mensukseskan kegiatan penanaman nilai moral tersebut ada beberapa faktor yang mendukung yaitu: 1). Sarana dan prsarana yang cukup memadai seperti adanya mushola, lapangan sekolah yang cukup tenang, serta wc dan lain-lain, 2).peran aktif guru dalam penanaman nilai moral. Dengan adanya faktor pendukung tersebut maka proses pelaksanaan penanaman nilai moral siswa dalam pendidikan kewarganegaraan di SMP N 28 Tampat Durian Kecamatan Kuranji Padang akan berjalan dengan baik serta sesuai dengan keinginan tapi masih peru disempurnakan lagi. Peneliti menyimpulkan penanaman nilai moral siswa dalam pendidikan kewarganegaraan di SMP N 28 Tampat Durian Kecamatan Kuranji Padang telah terlaksana dengan baik serta sesuai dengan keinginan, namun masih perlu disempurnakan lagi untuk mencapai hasil yang optimal. Peneliti menyarankan agar pihak sekolah lebih meningkatan penanaman nilai moral siswa di dalam pembelajaran PKn agar siswa memiliki kepribadian yang optimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral, PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:25 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8606 |