Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 28 Padang

Risdiyanto, Tika Apriani (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 28 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TIKA_APRIANI_RISDIYANTO_15031084_469_2019.pdf] Text
B1_3_TIKA_APRIANI_RISDIYANTO_15031084_469_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 28 Padang yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta belum diterapkanya model pembelajaran yang bermuatan literasi sains. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran teams games tournament (TGT) bermuatan literasi sains pada materi sistem pernapasan di SMPN 28 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMPN 28 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 28 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai t hitung 3,34 > t tabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai t hitung 1,84 > t tabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai t hitung 1,85 > t tabel 1,67. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model TGT bermuatan literasi sains dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas VIII SMPN 28 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Literasi Sains, Kompetensi Pengetahuan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:24
Last Modified: 28 Apr 2025 08:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8604

Actions (login required)

View Item
View Item