Mantoviana, Tiffany (2020) Analisis Sikap Ilmiah dalam Pelaksanaan Praktikum Pembelajaran IPA-Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_TIFFANY_MANTOVIANA_16031119_718_2020.pdf [thumbnail of B1_3_TIFFANY_MANTOVIANA_16031119_718_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_TIFFANY_MANTOVIANA_16031119_718_2020.pdf
Download (6MB)
Abstract
Sikap ilmiah adalah kumpulan dari beberapa aspek penting yang menggambarkan interaksi pada setiap peserta didik. Sikap ilmiah menjadi aspek sikap yang sangat penting dalam melaksanakan percobaan dan menjadi tolak ukur ketika menjalani kegiatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sikap ilmiah yang dilaksanakan oleh peserta didik saat pelaksanaan praktikum pembelajaran IPA-Biologi Kelas VIII SMPN 34 Padang. Aspek-aspek sikap ilmiah yang diamati antara lain: 1) rasa ingin tahu, 2) respek terhadap data, 3) berpikir kritis, 4) penemuan dan kreativitas, 5) berpikir terbuka dan kerja sama, 6) ketekunan, dan 7) peka terhadap lingkungan sekitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan jumlah populasi 280 peserta didik dan sampel 108 peserta didik yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Cluster Random Sampling dengan mengambil ±40% dari jumlah keseluruhan anggota populasi . Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode analisis persentase. Dari ini penelitian ini didapatkan hasil bahwa rincian kualitas sikap ilmiah pada setiap aspek yaitu pada aspek sikap rasa ingin tahu memiliki kriteria baik, aspek sikap respek terhadap data memiliki kriteria cukup, aspek berpikir kritis memiliki kriteria cukup, aspek penemuan dan kreativitas memiliki kriteria cukup, aspek berpikir terbuka dan kerjasama memiliki kriteria baik, aspek ketekunan memiliki kriteria baik, dan aspek peka terhadap lingkungan sekitar memiliki kriteria baik. Jadi, kualitas sikap ilmiah peserta didik dalam pelaksanaan praktikum pembelajaran IPA-Biologi peserta didik Kelas VIII SMPN 34 Padang dari ketujuh aspek yang dinilai yaitu mempunyai krtieria cukup.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap ilmiah, Praktikum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:23 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8600 |