Sari, Nur Afni Yolanda (2020) Evaluasi Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Sejarah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_NUR_AFNI_YOLANDA_SARI_CANIAGO_16046129_370_2021.pdf [thumbnail of B1_2_NUR_AFNI_YOLANDA_SARI_CANIAGO_16046129_370_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_NUR_AFNI_YOLANDA_SARI_CANIAGO_16046129_370_2021.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan kompetensi pedagogik mahasiswa PLK sejarah semester Juli-Desember tahun pelajaran 2020/2021 jurusan sejarah angkatan 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model Evaluasi Goal Oriented yaitu tidak lepas dari tujuan, dimana tujuan tersebut sebagai kriteria utuk menentukan keberhasilan suatu program.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantutatif. Populasi pada penelitian itu adalah mahasiswa PLK Sejarah UNP angkatan 2017.Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling Probability Sampling
yaitu diberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling karena pengambilan anggota sampel dari
populasi secara acak tanpa mamperhatikan strata yang ada dalam populasi. Jadi sampel dari penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, angket ini teknik pengumpulan datanya menggunakan
Skala Guttman. Alasan peneliti mengambil Skala Guttman ini untuk melihat jawaban yang tegas salah satunya benar salah dari pernyataan yang ada pada angket penelitian. Cara penskorannya apabila menjawab benar maka skornya 1,
apabila salah maka skornya 0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas dari 30 pernyataan yang dikatakan valid berjumlah 17 pernyataan, yang
tidak valid berjumlah 13 pernyataan. Setelah itu data yang didapat dianalisis menggunakan Uji reliabilitas dari jumlah 17 item yang valid adalah 0,83 ini dikategorikan “sangat bagus”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan angket dari validasi materi kompetensi pedagogik diperoleh nilai sebanyak 90% berada dikategori “sangat bagus”. Sedangkan secara umum mahasiswa yang menguasai kompetensi
pedagogik adalah 86% ini berada dikategori “sangat bagus” karena ada beberapa mahasiswa PLK yang sudah menguasai yaitu bagian menguasaai teori, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta didik dan penilaian serta evaluasi sedangkan 14% belum
menguasai kompetensi pedagogik karena belum paham dibagian karakteristik peserta didik, dan pengembangan potensi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:23 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8594 |