Perbandingan Kompetensi Belajar Biologi Siswa yang diberi Resitasi Peta Konsep dengan Menjawab Pertanyaan sebelum Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang.

Angicia, Tiara Rezki (2014) Perbandingan Kompetensi Belajar Biologi Siswa yang diberi Resitasi Peta Konsep dengan Menjawab Pertanyaan sebelum Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TIARA_REZKI_ANGICIA_54905_4321_2014.pdf] Text
B1_3_TIARA_REZKI_ANGICIA_54905_4321_2014.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kurangnya bekal pengetahuan awal bagi siswa di SMA Negeri 2 Padang Panjang sebelum pembelajaran berlansung, menyebabkan sedikitnya siswa yang ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang kurang bervariasi, juga merupakan salah satu kendala yang menyababkan kurang berpartisipasinya siswa dalam proses pembelajaran. Kendala tersebut dapat diatasi dengan pemberian resitasi serta pemberian model pembelajaran yang tepat. Pemberian resitasi berupa peta konsep serta menjawab pertanyaan yang mengawali pembelajaran model Talking Stick diharapkan dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Padang Panjang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, kelas X 7 sebagai eksperimen 1 dan kelas X i 8 sebagai eksperimen 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir untuk ranah kognitif, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa untuk ranah afektif, dan lembar observasi untuk ranah psikomotor. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t karena data terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada ranah kognitif terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi resitasi peta konsep dengan siswa yang diberi resitasi menjawab pertanyaan. Dimana nilai kelas eksperimen 1 adalah 83,37, sedangkan nilai kelas eksperimen 2 adalah 79,70. Pada ranah afektif terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi resitasi peta konsep dengan resitasi menjawab pertanyaan. Dimana nilai kelas eksperimen 1 adalah 79,96 sedangkan nilai pada kelas eksperimen 2 74,22. Sedangkan pada ranah psikomotor tidak terdapat perbedaan antara siswa yang diberi resitasi peta konsep dengan resitasi menjawab pertanyaan. Dimana nilai eksperimen 1 63,62 dan nilai kelas eksperimen 2 adalah 60,67.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Belajar, Talking Stick, Peta Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:22
Last Modified: 28 Apr 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8584

Actions (login required)

View Item
View Item