Martha, Ratih Kemala (2013) Teaching Speaking Fluency by Using Readers’ Theatre Strategy to Students at Senior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RATIH_KEMALA_MARTHA_12254_3984_2013.pdf [thumbnail of B1_3_RATIH_KEMALA_MARTHA_12254_3984_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RATIH_KEMALA_MARTHA_12254_3984_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Ketercocokan pemakaian strategi dalam proses pembelajaran sangat menentukan tingkat keberhasilan guru dalam mengajar. Guru harus mampu memilih strategi menarik yang bisa melibatkan siswa secara aktif di dalam kelas. Strategi yang menarik akan mendorong minat siswa untuk belajar. Makalah ini akan memaparkan salah satu strategi yang bisa dipakai dalam proses pembelajaran. Strategi tersebut dinamakan Readers’ Theatre. Readers’theatre mampu meningkatkan kelancaran siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Di dalam strategi tersebut terdapat 4 aspek pendukung yang saling terintegratif dalam proses pembelajaran, yaitu: listening, writing, reading dan speaking. Strategi ini memiliki beberapa langkah. Langkah awal, siswa mendengarkan sebuah cerita pendek berbentuk narrative. Selanjutnya, siswa menjawab beberapa pertanyaan dari cerita yang ditampilkan. Langkah kedua,siswa secara berkelompok menulis naskah drama sesuai dengan cerita yang mereka dengarkan atau siswa memilih dari naskah yang telah ada. Langkah ketiga, siswa membaca dialog tersebut. Poin yang paling penting yakni kemampuan siswa dalam berbicara dengan memperhatikan kecepatan, pausing, volume, dan keterbataan dalam berbicara. Kegiatan ini dilakukan berulang kali. Hasil akhir dari readers’ theatre adalah siswa mampu menampilkan drama didepan kelas. Dengan adanya strategi ini, siswa akan mampu berbicara dalam bahasa Inggris secara lancar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Speaking, Fluency, Readers’ Theatre, Teaching Speaking at Senior High School |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:22 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8583 |