Siswanti, Rati (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII SMP N 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RATI_SISWANTI_11742_1856_2014.pdf [thumbnail of B1_3_RATI_SISWANTI_11742_1856_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RATI_SISWANTI_11742_1856_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di sekolah bahwa dalam penyampaian materi pelajaran guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, guru lebih cenderung kepada pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan siswa mejadi lebih pasif sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Biologi. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu alternatif yang biasa diterapkan adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas VIII SMP N 3 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Payakumbuh. berjumlah 243 orang terdiri dari 8 kelas, teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VIII.5 dan VIII.4 masing-masingnya berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, alat pengumpul data digunakan lembaran tes. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen sebesar 76 dan SD 6,67, lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 66 dan SD 8,29. Dari analisis t-test diperoleh t hitung 5,58. Pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 2,000, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture And Picture dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture And Picture berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas VIII di SMP N 3 Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Picture and Picture, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:22 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8582 |