Kasih, Tiara (2013) Pengembangan Multimedia Berbasis Games pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk SMP Kelas VII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_TIARA_KASIH_12646_1795_2013.pdf [thumbnail of B1_3_TIARA_KASIH_12646_1795_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_TIARA_KASIH_12646_1795_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Pembelajaran berbasis komputer dikenal dengan Computer Assisted Instruction (CAI). Pelaksanaan CAI ditunjang oleh kertersediaan sarana dan prasarana seperti komputer dan infocus pada tiap kelas. Namun siswa lebih cenderung menggunakan sarana tersebut untuk bermain games. Ketertarikan siswa terhadap games dijadikan latar belakang pembuatan multimedia pembelajaran berbasis games. Dengan multimedia ini siswa dapat belajar secara mandiri dan dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi dengan cara belajar sambil bermain. Berdasarkan hal tersebut maka telah dilakukan penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan multimedia berbasis games pada materi klasifikasi makhluk hidup yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan four-D models yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun, pada penelitian ini tidak dilakukan tahap disseminate. Tahap define terdiri atas analisis kurikulum, siswa dan media. Pada tahap design dilakukan perancangan multimedia berbasis games. Pada tahap develop dilakukan uji validasi oleh 6 orang validator, revisi multimedia dan uji praktikalitas multimedia terhadap 24 orang siswa kelas VII dan 3 orang guru SMPN 1 Padang. Untuk pengumpulan data digunakan angket uji validitas dan praktikalitas. Selanjutnya, data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka telah dihasilkan multimedia berbasis games pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk SMP kelas VII yang valid dan praktis. Hasil validitas yang diperoleh adalah 3,63 dengan kategori sangat valid, sedangkan nilai praktikalitas multimedia berbasis games oleh siswa dan guru berturut-turut adalah 90,37% dan 90,23% dengan kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Makhluk Hidup |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:21 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8572 |