Pratama, Jefilo Andas (2019) Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Tamu di Function Room Hotel The Axana Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_JEFILO_ANDAS_PRATAMA_15135127_2321_2019.pdf [thumbnail of B1_04_JEFILO_ANDAS_PRATAMA_15135127_2321_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_JEFILO_ANDAS_PRATAMA_15135127_2321_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil pengalaman lapangan industri 2 beserta hasil observasi pra penelitian terhadap tamu yang menggunakan function room di Hotel Axana Padang, dimana masih terdapat keluhan dari tamu yang menggunakan function room seperti: adanya perbedaan fasilitas yang diharapkan oleh tamu dengan kenyataannya, karyawan yang bertugas menghandle function room sering tidak menghiraukan permintaan tamu, tamu yang merasa kesulitan akses jalan menuju function room apabila ada salah satu lift yang rusak, terdapatnya pengcahayaan function room yang kurang terang, terdapatnya fasilitas function room yang kurang memadai, desain interior function room sudah banyak yang rusak, function room yang tidak kedap suara, kurangnya kebersihan function room, ketika tamu mengadakan event tidak sesuai dengan kapasitas ruangan maka space antar meja menjadi sempit atau kecil, tanda petunjuk arah menuju function room kurang jelas. Berdasarkan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan servicescape di Hotel The Axana Padang, (2) Mendeskripsikan kepuasan tamu di Hotel The Axana Padang, (3) Menganalisis tentang pengaruh servicescape terhadap kepuasan tamu di function room Hotel The Axana Padang. Jenis penelitian ini digolongkan dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah dan sedang menggunakan function room di Hotel The Axana Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 orang dengan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner (angket) dengan menggunakan metode skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 16.00. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Servicescape function room berada pada kategori sangat baik (89,90%), (2) Kepuasan tamu berada pada kategori sangat baik (71,43%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana dengan nilai konstanta sebesar 7,091 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, dan diperoleh nilai t sebesar1,022 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel, kemudian diperoleh koefisien regresi sebesar Koefisien regresi sebesar 1,064 pada sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan servicescape akan meningkatkan 1,064 satuan kepuasan tamu di function room Hotel The Axana Padang. Selanjutnya diperoleh nilai R Square sebesar 0,398 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel servicescape terhadap kepuasan tamu di function room Hotel The Axana Padang adalah 39%, sedangkan 61% dipengaruhi oleh fakor lain seperti: kualitas pelayanan, harga, faktor emosional, biaya dan kemudahan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Servicescape, Kepuasan Tamu, Function Room |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:19 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8558 |