Pratiwi, Rani (2015) The Effect of Using Thematic Instruction of Collaborative Learning to Improve Speaking Skill of Grade XI Students of SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RANI_PRATIWI_15743_4364_2015.pdf [thumbnail of B1_3_RANI_PRATIWI_15743_4364_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RANI_PRATIWI_15743_4364_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari penggunaan Thematic instruction of collaborative learning terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang dilaksanakan di SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi. Thematic instruction of collaborative learning merupakan strategi pembelajaran thematic yang diterapkan dalam pembelajaran berkelompok. Dalam hal ini, siswa tidak hanya dibantu dengan tema pembelajaran, tapi siswa juga dibantu dengan pembelajaran secara berkelompok yang akan membantu siswa dalam peningkatan kemampuan berbahasa inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ratarata yang dihasilkan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 73.55 : 71.29. Dengan menggunakan rumus t-test, diperoleh t-hitung sebesar 0.986 dan t-tabel sebesar 0.854. Hasil tersebut menyatakan bahwa t-hitung > ttabel pada taraf signifikan 0.20, yang dapat disimpulkan bahwa penerapan Thematic instruction of collaborative learning terhadap pengajaran speaking memberikan dampak yang baik terhadap kemampuan berbicara siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Thematic instruction of collaborative learning, Speaking |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:19 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8552 |