Fernanda, Leti (2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_LETI_FERNANDA_1205611_1601_2016.pdf [thumbnail of B1_03_LETI_FERNANDA_1205611_1601_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_LETI_FERNANDA_1205611_1601_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Rendahnya kompetensi belajar biologi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada setiap pertemuan, akibatnya siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran dan kurang persiapannya siswa untuk melaksanakan pembelajaran sehingga berdampak pada kompetensi belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan memberikan inovasi berupa penggunaan model pembelajaran kooperatiif tipe Teams Games Tournament yang dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diambil kelas X i 6 sebagai eksperimen dan kelas X sebagai kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir untuk ranah kognitif, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa untuk ranah afektif, dan lembar observasi untuk ranah psikomotor. Setelah didapatkan data dari ketiga ranah kompetensi belajar maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa, pada ranah kognitif diperoleh t = 3,74, dengan taraf nyata 0,05. Ranah afektif didapatkan nilai t hitung hitung = 2,93. Dan untuk psikomotor hasil uji t didapatkan t = 2,20 sedangkan nilai untuk t tabel = 2,00 . Dengan demikian didapatlah nilai t hitung maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi belajar biologi, The Static Group Comparison Design, Teams Games Tournament (TGT) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:17 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8545 |